Naning

Info Beasiswa Jepang By Ummi Kirana

Road to Japan Semogaaaa ya mas Zahid, Fatih

Judulnya "Menjawab pertanyaan"

Pertanyaan :
Apa yang harus dipersiapkan agar anak dapat melanjutkan kuliah di PTN di Jepang sekaligus mendapat beasiswa ?

Pertanyaan ini dilontarkan oleh  empat orang Ibu2 yang putra/i nya skrg ada yg kelas 10, kelas 11 dan ada yg baru mau lulus SMP.

Bismilah.. ini jawabannya :

Persiapan untuk dapat masuk PTN di Jepang & sekaligus memperoleh beasiswa (biaya kuliah & biaya hidup) makan waktu yg lumayan lama... jadi tolong jangan dibayangkan, kalau persiapan ini hanya butuh waktu 2-3 bulan saja kemudian daftar dan langsung bisa diterima...  Ini bukan model fairy tale yang instant2 itu,... yg hanya nunggu beberapa bulan sebelum semua kelopak mawar merah luruh, kemudian lantas jadi happy ending... 😁😁 Lhoo kog jd nyasar cerita BATB 😂

Persiapan yg dibutuhkan 2-3 tahun, semakin lama tentunya semakin baik...

Kasus Abang, persiapannya baru dilakukan sejak naik ke kelas XII, jadi persiapan cuman 6 bulan lumayan bikin gedubrakan juga... 🙄🙄 dan bisa diduga hasilnyaa  tidak maksimal,... belajar dr kasus abang, persiapan kk sudah dimulai sejak kelas X, jadii... pada saat mendaftar portofolio kk alhamdulillah jauuuh lebih bagus daripada Abang,.. dan alhamdulillah beasiswa yg ditawarkan ke kk, juga jauuuuuhh lebih bagus daripada yg abang terima... Uang saku bulanan yg nanti insyaallah bakal kk terima itu besarnya  2x dr yg abang terima sekarang... Gimana ga sedep banget, si kk yg 3 hari lagi baru mau umur 17 thn, insyaallah udah bakal terima gaji bulanan / uang saku dr pemerintah Jepang sebesar 14jt/bln selama 4 thn... Belum lg dibebaskan biaya masuk kuliah termasuk bebas uang semesteran selama 4 thn alias gratis.. tis... dan masih ada disediakan ticket pp ke Jepang..

Kalau kata sahabat ummi Jeng Dian Wahyu Novitasarii ini "Hasil tidak akan mengkhianati ikhtiar" ☺☺

Baiklah, kita lanjutkan... idealnya berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sejak anak mulai masuk SMA :

1. Upayakan nilai-nilai di raport sejak semester 1 minimal 85 (kalau pakai skala 100), atau GPA 3,4 (kalau pakai skala 4). Terutama utk pelajaran yang memang nanti bakal ngaruh di jurusan yg mau dipilih. Usahakan nilai tetap stabil, kalau bisa naik terus semakin bagus.

2. Ikuti kegiatan2 lomba, baik tingkat kota, daerah maupun nasional. Kumpulkan sertifikat2  penghargaan sebanyak mungkin. Tidak harus dari bidang akademik, bidang ketrampilan / kesenian juga tidak mengapa.

3. Ikuti kegiatan organisasi atau ekskul dan upayakan ada prestasi dalam kegiatan organisasi / ekskul tsb, kalau ada piagam2 penghargaan akan lebih baik.

4. Persiapkan dengan baik kemampuan Bahasa Inggris, saat nnt naik ke kelas XII semester 1 usahakan sudah memiliki sertifikat english yg diakui standart international. Utk TOEFL capai nilai minimum 80, kalau IELTS nilai all band min. 6,5 dan jangan ada band yg di bawah 6,0.

5. Saat masuk semester 1 kelas XII,  mulai latihan soal2 standart international sesuai bidang studi jurusan yang akan diambil. Paling lama bulan Oktober/November (kelas XII smstr 1), upayakan sdh harus ikut ujian intl ini... krn hasil ujian ini keluarnya lama, bisa sebulanan... Sementara pendaftaran PTN di Jepang sudah ada yg dimulai sejak bln Desember.   Ada beberapa ujian international yg tersedia : SAT, IB, EJU, A Level & Cambridge. Pilih salah satu, terserah saja mau ambil ujian yg mana. Ingat !!! Ujian standart intl sangat menekankan faktor pemahaman konsep. Jadi sejak kelas X harus benar-benar memahami konsep dr materi yg diajarkan, bukan hanya hafal rumus kemudian ceplok2in masukin ke rumus ajaa... 😁

6. Ini yg super penting,... jadilah anak sholeh/ah, jangan pernah sakiti hati orang tua... buatlah agar org tua ridho dan sering2 minta doa ke orang tua, spy jalan jadi lancar & mudah... Mau udah belajar mati2an kalau ga dapat ridho, juga ga akan kemana2 😁😁. Kemudian pantaskan diri di hadapan Allah, bahwa bisa jd org yang bertanggung jawab dan walaupun pergi ke negeri asing, akan selalu komit dlm beribadah...

Naaah,.. demikianlah 6 point penting yg perlu dipersiapkan sejak 2-3 tahun sebelum pendaftaran.

Kalau semua syarat sudah dalam genggaman, nnt tinggal proses administrasi pendaftaran saja... kmdn nunggu panggilan ujian & wawancara... dan silahkan nantikan hasil yg terbaik.... Jangan lupa "hasil insyaallah tidak akan mengkhianati ikhtiar" dan "Apapun yg didapatkan itu adalah skenario terbaik dari Allah"

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum