Naning

Pisahkan kamar anak

🌺Tips/ motivasi parenting dan keluarga
🌺 http://www.alabidin.sch.id
🌺Jumat, 26 Januari 2018

PISAHKAN TEMPAT TIDUR ANAK

🌺 Ayah bunda, Rasulullah saw sudah memberikan tuntunan cerdas dalam mendidik anak. Tuntunan yang selalu kekinian sepanjang masa. Salahsatunya adalah kita diperintah untuk memisahkan tempat tidur anak ketika usianya 10 tahun.
Sudah dilakukan bun? Alhamdulillah. Apa sebenarnya hal yang terkandung dalam perintah ini?

🌺 Anak belajar mandiri. Usia 10 adalah usia yang tepat anak mandiri dan tidak tergantung orangtuanya. Tidur sendiri merupakan sebuah hal besar bagi anak. Maka mulailah bersiap-siap memisahkan tempat tidur ketika anak berusia 9 tahun.

- Tahap awal beritahu dulu tentang perintah Rasulullah bahwa jika dia setahun lagi harus bisa mandiri, tidur sendiri. Dan jelaskan rencana atau tahapan berikutnya.

- Tahap selanjutnya temani anak sampai tidur. Posisi bunda ikut tidur. Jika anak sudah tidur berikan elusan sayang dan segera tinggalkan.

- selanjutnya jika anak sudah terbiasa hanya ditemani sampai tidur, tingkatkan dengan menemani dengan posisi bunda duduk. Cukup berikan pijatan lembut dan doa mau tidur. Menunggu dia tidur atau beberapa saat saja. Tergantung kondisi anak.

- di tahap berikutnya cukup hampiri anak dengan posisi berdiri. Elus kepalanya, ajak berdoa dan tinggalkan. Biarkan dia sendirian sampai tertidur.
Dengan adanya tahapan insyaallah anak siap tidur sendiri di usia 10 tahun.

🌺 Menjaga privasi.
Kita sebagai orang dewasa tentu mempunyai privasi bersama pasangan. Anakpun demikian. Dia sudah besar. Tentu juga punya privasi sendiri.
Jika masih tidur sekamar maka baik orangtua maupun anak akan terganggu privasinya. Masalah besar yang kemungkinan terjadi adalah  anak tidak sengaja mendengar atau melihat hal yang tak seharusnya dia dengar dan lihat. Ini akan sangat mengganggu perkembangan psikologisnya. Anak pasti akan penasaran dan mengetahui lebih lanjut. Kemana lagi dia mencari tahu kalau tidak ke internet. Dan ini sungguh akan merusak masa depannya. Naudzubillah

🌺 Menjaga kesehatan.
Rasulullah saw sangat menjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan tidur yang cukup. Jika anak tidur bersama orangtua maka keduanya akan saling mempengaruhi pola tidur. Padahal kebutuhan tidur anak dan orangtua tentu sangat berbeda. Bisa ibunya yang terlalu banyak tidur karena mengikuti anak atau sebaliknya anak kurang tidur karena terpengaruh pola tidur orangtuanya. Anak yang kurang tidur tentu terganggu kesehatannya.

🌺Ayah bunda, Rasullah saw adalah suri teladan terbaik. Laksanakan perintahnya insyaallah kita akan mendapatkan hidup yang penuh barokah.

🌺Kepala Sekolah SDII Al Abidin Surakarta :
_Bunda Farida Nur'aini_

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum