Naning

Tugas ibu saat anak di pesantren

" Apa tugas ibu di rumah ? ".
Apa tugas ibu di rumah ? Setelah memasukkan anak anaknya ke pesantren ? Siang malam anak diurus orang lain , dikasih makan orang lain , di ajarin orang lain bahkan tidur pun sama orang lain ..

Ibu hanya ketemu sebulan sekali , bahkan kadang lebih , kayak saya gini yang anak saya ada di pesantren nun jauh di sana , ratusan kilometers jaraknya . Naik pesawatpun pinggang ngerentek  saking jauhnya .

Tapi demi masa depan anak yang kita harapkan lebih baik , kita rela memisahkan rasa dengan realita .

Apa yang ibu harus lalukan ? Selama ini anak di depan mata . Dalam genggaman kita , tapi sekarang , untuk ngatur menu makanannya pun kita tak berdaya ...

Apalagi kayak saya yang punya sekolahan , kalau anak saya lagi sekolah di sekolahan saya ; saya bisa ngatur sampai sedalam dalamnya , bahkan ada orgtua yang rela jadi pengurus kelas untuk  bantu ngatur anak anaknya walau tak begitu maksimal sebab segalanya sudah diatur sekolah , diambil alih sekolah .

Risau ? Tentu saja ada . Soal guru yang mungkin pilih kasih , soal teman yang mungkin  pilih pilih , soal kakak kelas yang mungkin membully , soal makanan yang gak bisa milih milih , soal tempat tidur yang mungkin kurang bersih , soal pelajaran yang mungkin tak di mengerti . Juga adaptasi awalan yang terkadang mengalami disorientasi .

# apa tugas ibu ? Ketika anak anak diambil oleh sekolah ?
1) Sholat n berdo'a di waktu malam ..
~ Yaa Alloh , Yaa Rahmaan .. Engkaulah  sebaik baik penjaga . Tolong jaga anak kami dalam pengawasan Mu yang tidak pernah alpha . Ingatkan  dia bila dia salah , tegurlah dia dengan caraMu .
2) Shaum ; agar hati menjadi bersih dan emosi lebih tertata sehingga siap mendengar berita apapun mengenai dia .
3) Tilawah ; agar hati menjadi tenang ~ agar ada ikatan hati antara apa yang kita baca dengan yang di baca / di hafal anak anak sama ..
4) Berinfaq ; Berwasilah dengannya agar -dimudahkan jalannya dalam mencari ilmu . Dipermudah urusannya ketika anak anak tidak bersama dengan kita .

Kita tidak tahu , dia sedang apa sa'at ini . Apa yang dirasa detik ini . Apa yang ada dalam pikirannya saat ini . Kita berdo'a agar ~ semua baik baik saja . Di tangan org baik , situasi yang baik dan lingkungan yang baik ..
~ Hanya Allah tempat kita meminta .Khusus untuk dia .
# Allah Maha Kuasa.
# Allah Maha Pemberi Hidayah .
~ Tugas ibu , ketika anak jauh dari pandangan ~ banyak munajat di atas sajadah panjang karena dengan mengingat Allah ,  hati menjadi tenang ..

{الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ}

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du:28).

By; Fifi . P Jubilea ( Jisc n Jibbs ' s Owner)

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum