Hening

Zahid Flu dan Filek, Ayahnya Tertular


Siapa bilang flu dan filek hanya menular dari orang dewasa kepada anak-anak? Zahid, anak kami, flu dan filek sudah sekitar seminggu ini. Kemarin, saya mulai merasakan hal yang sama. Hidung kami kami kadang tersumbat kadang mengeluarkan isinya dengan sering. Berzin sesekali terjadi. Pada Zahid sendiri, saya dan ibunya berusaha mengantisipasi supaya ingus yang keluar dari hidungnya tidak sampai membentuk angka sebelas. Lap basah telah siap sedia.

Zahid yang pada usianya 2 tahun ini semakin kelihatan ceria. Namun keceriaanya sempat terganggu oleh flunya ini. Menurut situs sehatgroup, bila diketahui dalam kurun waktu 48 jam sejak pertama kali gejala timbul, flu yang diderita oleh anak dapat diobati dengan memberikan obat-obatan anti virus yang dapat memperpendek masa infeksi hingga 1 atau 2 hari. Anak perlu perawatan khusus dengan memberikan banyak cairan dan kenyamanan ekstra.

Penyakit ini lebih dikarenakan virus, bukan bakteri. Kebiasaan dokter di Indonesia memberikan antibiotik setiap kita sakit (termasuk pada anak) membuat kami enggan mematuhi kehendak dokter. Biasanya, dari vitamin, antibiotik dan benda-benda lain dari apotek, kami akan membuang antibiotik yang diberikan.

Dari salah satu tulisan di JAMA & Archives Journal-American Medical Assoociation yang saya baca di situs sehatgroup pula, antibiotik tidak memiliki manfaat bagi sakit flu karena hanya membunuh bakteri, bukan virus. Penggunaan antibiotik yang tidak dibutuhkan justru menjadi penyebab utama bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik. Akibatnya, antibiotik justru memberikan peningkatan masalah pada kesehatan di dunia. Bakteri yang sudah kebal pada antibiotik menyebabkan sakit serius bahkan kematian.

Saya teringat bagaimana dokter-dokter yang saya jumpai kalau berobat getol sekali memberikan antibiotik. Sekarang, obat pembunuh bakteri ini selalu kami cegah masuk ke dalam tubuh, bahkan tubuh anak kami Zahid yang sedang lucu-lucunya. Yang kami lakukan kalau sakit biasanya dengan meningkatkan asupan makanan yang baik ke dalam tubuh. Seperti iklan, "Jika sakit berlanjut, hubungi dokter."

Sekarang saya ikut terkena flu. Zahid sepertinya sudah mengalami pemulihan. Senang juga melihatnya selalu ceria. Sebab, hidup memang harus dijalani dengan ceria.

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum