Naning

Alumni ...Reuni ...

🌷🌹Group WA Ukhuwah 9197🌹🌷

Sebuah catatan... dan renungan..
#belajar menulis

Group ini lahir awal tahun 2014. Yups..21012014. Tepatnya 20 hari setelah hari kelahiran suami saya tercinta, dan 37 hari sebelum hari lahir saya (😳😳😳 whatsss???Apa hubungannya coba ya??? Nggak nyambung blazzzz😴)✌

Seingat saya ( tolong dikoreksi bila saya keliru) niat awal membuat group  ini adalah untuk suksesi atau mensukseskan Reuni kedua 9197 tahun 2014 yang diamanahkan oleh para bos petinggi 9197 kepada kami yang berdomisili di Jadebotabek. Oh iya.. reuni angkatan kita ini  telah diawali dan di prakarsai oleh empat sekawan dari Solo (Mas Yusyid, Anas, Kadir dan Ipunk... baarakallahu fiikum👍). Tidak tahu siapa yg punya ide pertama kali untuk diadakan reuni ini, yang pasti yang saya ingat reuni perdana di Tawang mangu 2012  sukses banget dan menghasilkan beberapa point penting. Reuni perdana itu mendaulat mas Yusyid sebagai presiden angkatan 9197 (iya kan??? klo tdk salah✌) full support by Anas Kadir Ipunk dll dll. Nggak hafal sayaaaa siapa saja✌
Yang pasti acaranya sukes bangetttt. Meski blm saing kenal dan masih rada malu2 plus jaim, tapi banyak hal2 positif yang dihasilkan ( klo saya tulis semua butuh waktu 7 hari 7 malam, nggak sempat ngurus anak dan suami nanti😥).
Salah satu keputusannya adalah reuni angkatan ini akan diadakan 2 tahun sekali dengan berpindah2 tempat dan berganti panitia.

Entah alasan apa saya juga kurang jelas, yang pasti keputusan yg diambil kemudian adalah jakarta menjadi tuan rumah reuni kedua..berarti 2014.

Karena sudah berkomitmen, akhirnya ditengah kesibukan kami mencari sesuap nasi dan  mengais2 rizki di jakarta, kami sempatkan Syuro beeerulang kali. Catat yaaa..beeerulang kali. Jangan pernah membayangkan itu hal yang mudah kawan... jaaauh dari kata mudah. Tapi itulah perjuangan. Ketika kita sudah bersedia mengambil amanah, suka atau tidak, mau tidak mau harus bertanggung jawab terhadap amanah itu. Jangan ditanya berapa kali kami tengkar, berapa kali kami beda pendapat, berapa kali kami mutung kasarung, yg pasti tak terhitung jumlah x nya.

Saya jadi berprasangka.. Mungkin reuni pertama dulu para bos itu yg banyak berkorban ....baik harta jiwa dan raga ( sungkem saya untuk empat sekawan👍), klo di Jakarta mungkin kami berkorban waktu,  hati dan perasaan cieee..(semoga Allah catat sebagai kebaikan yaaa..Aamiin)

Intinya sejak 2013 kami sudah mulai Syuro kecil2an. Saya lupa pertama kali dimana diadakan. Seingat saya pertama di rumah Uzie dihadiri Syam, Mukmin, Lany, Mamik saya dan Uziek. Saat itu kami blm saling kenal dg para ikhwan...jadi yaaa jaim dan malu2 gimanaaaa gitu..

Rapat kedua di gubuk saya yg dihadiri uzie, saya, Syam, Mukmin, Marifaat, taufiq P dan pak guru ....

Rapat ketiga di...
Rapat ke empat di... ke 5 ke 6 dst di rumah Shofia DK dll dll. rasanya hampir tiap bulan kami rapat. Kereeeennnn pokoknya... dari situlah lama2 kami akrab,  berkurang jaim2an malu2 nya dan akhirnya biasa sampai bertengkar hebat, nesuuu krn beda pendapat dll dll.
Setelah beberapa kali Syuro untuk memutuskan waktu di liburan juli atau desember dengan 1001 pertimbangannya, kami pun memberanikan survey tempat. Dengan semangat ukhuwah dan amanah yg luar biasa, kami runtang runtung kesana kemari beberapa kali weekend untuk survey tempat. Dari taman matahari yang diakhiri dengan pesta sayur asem di rumah Yaya , salah satu teman 9197 yg kebetulan rumahnya di daerah situ. Lanjut survey villa cipanas Puncak, villa A, Villa B, Villa C sampai Villa Z...(lebayyyyy)😊✌
***Almarhum Anif Kurnia ikut serta dalam survey kami saat itu😥. Allahummaghfirlahu..beliau meninggal sekitar sebulan sebelum acara reuni yg ditunggu2 dilangsungkan. Kepergian beliau menjadi Pukulan dahsyat untuk salah satu teman tercinta kami😭

Ketika sudah mulai ada gambaran tempat dan biaya yang akan di keluarkan, mulailah kami konsultasi dg pengurus 9197 pusat di solo. Dilanjutkan dg menyusun 1001 strategi untuk menjadikan reuni kedua ini betul2 terlaksana. Ingat kawan..jakarta itu tidak indah dimata kawan2 daerah lain. Yang ada di kepala mereka adalah banjir, macet, polusi, mahal dan 101 alasan buruk lainnya. Itu berarti tidak mudah mengajak teman teman untuk datang saat reuni kedua ini.

Putus asa??? Iya..sempat!!! Tapi alhamdulillah..diantara beberapa yg sudah putus asa, masih ada yg memiliki azzam kuat. Menghilangkan rasa malu, sungkan, lelah dan rasa nano2 lainnya.

Langkah pertama yg dilskukan.. melacak keberadaan teman2 yg sudah tdk tahu lagi rimbanya. Katanya Sosial media semacam fb sangat membantu kami saat itu (entah siapa yg memulai, krn saya blm rajin ngefb saat itu...yg pasti seeeeemuanya bekerja mencari teman 9197)
Langkah kedua.. mencari nomor hpnya dan izin dimasukkan ke dalam Group WA agar mudah mensosialisasikan rencana reuni. (No yg bikin group WA ini sepertinya sdh tdk aktif juga😊... #nggak penting)
Langkah ketiga.. merayu teman2 untuk mau ikut reuni😥. Naaah ...yg ketiga ini yang saya ingat betul crazynya.. 7 hari 7 malam klo mau dituliskan semua. Astaghfirullah.....

Jadiii Rencana semula, strategi mengajak dengan sedikit memaksa ( atau merayu atau apalah) untuk ikut reuni ini adalah kerjaan bersama. Yg ikhwan ke ikhwan ..yg akhwat ke akhwat. Lhaaa... dasarnya para ikhwan yg mmg banyak yg kurang cerdas bahasa😊✌✌✌, mereka bilang klo mereka yg ngajak selaluuu mentok..gagal. Everyone say No!!! Trus mereka mutung, nesu. Akhirnyapun dibalik strategi merayunya... faham maksudnyaaa???!

Itu kenapa kami2 ini jadi kenal dan berasa akrab banget dg beberapa kawan... Yaaa itu td sejarah kelamnyaa... istighfar1000x

O iya.. strategi kami yg lain adalah dengan menawarkan berbagai solusi. Pokoknya siapapun asal mau datang saja dulu..dg say Yess👍. Soal biaya plus transportasi yg terhitung mahal bisa di cicil atau subsidi silang. (Alhamdulillah bos2 9197  itu dermawan semua... jadi santai saja menawarkan solusi itu).
Pengalaman reuni pertama yg bayar seikhlasnya sudah menjadi bukti nyata, betapa dermawan nya mereka😊

Lihatlah kawan...Ternyata sudah dikasih opsi A-Z Tetaaaap saja banyak yg tidak tertarik untuk hadir di reuni ini. Huehue sedihnyaaa😭😭😭. Jakarta mmg tidak menarik saka sekali.

Saya sampaikan ulang yaaa..reuni kedua ini beberapa kali nyaris gagal krn kurang peminat. Bayangkan... dari data sekian puluh juta yg dibutuhkan dan sdh deal saat booking, ternyata dari hitungan jumlah peserta yg akan hadir sama sekali tdk mencukupi. Terus mau gimanaaaa... untuk apa dipaksakan???
Panitia jakarta terus berkoordinasi dg para pengurus pusat  solo..baiknya bgmn. Intinya Mereka jg harus bertanggung jawab atas ini semua..jd tdk boleh cuek. Mereka harus ikut kerja..memaksa dan merayu😣😣😣(Naah loh panitia jkt menuntut!)

Finally... rayuan2 maut untuk ikut reuni di cibalung 2014 terus dilancarkan. Panitia jakarta makin hari makin solid dan makin banyaaak jumlahnya, semua saling bahu membahu demi suksesnya amanah ini. O iya.. nesu 2an dan beda pendapat sengit antar kami terus berlangsung lho ya, sampai saat reuni berlangsung🙂... tapi karena semuanya tujuannya satu yaaa semuanya berusaha legowo. Perbedaan itu kan rahmat ..iya kan??kuncinya adalah..seeemua berbesar hati?👍

Alhamdulillah..reuni 9197 kedua di Happyland Cibalung pun terlaksana. Menurut kami sih cukup sukses, entah menurut teman2 peserta yg non panitia😊 ( kritik dan saran ditungguuu).👍

Catatan kami (saya maksudnya)...

Selepas reuni 2014 kemarin saya rasakan ukhuwah antara kita saaaaangat erat. Saling peduli satu sama lain baik di group ini maupun di dunia nyata. Candaan, gurau, kepedulian dan sedikit nostalgia masa lalu selalu menghiasi hari2 obrolan di group. Masing masing ingin tahu kawannya dulu dan sekarang seperti apa... dalam program kita "satu jam bersama" ( prakteknya ada yg sehari semalam bersama) seeeemua bebas bertanya sesukanya dan semua yg ditanya ikhlas menjawabnya.😊👍
(Semogaaaa ada yg masih menyimpan chat2 kita di group tahun 2015 itu ya... tolong email ke saya ya please ningyulia@gmail.com )..
betapa hangatnya kekeluargaan kita saat itu👍

Alhamdulillah makin hari makin bertambah banyak anggota Group ini, berarti bertambah pula teman dan saudara kita. Tapiiii... entah kenapa saya rasakan kehangatannya jauuuuh berbeda. Rasanya makin hari makin bersaing cuek2an dan tak pedulinya😥🙏. Serasa ada sekian kelompok di grouP ini..bukan satu kesatuan keluarga lagi seperti dulu😥. Mungkin krn darang ke groupnya tdk bersama2 ya? Atau mungkin ada yg merasa blm kenal krn mmg blm pernah hadir reuni..

Tanpa bermaksud sotoy apalagi menghakimi... Semoga hal itu terjadi dikarenakan  murni karena kesibukan kita dg ribuan amanah baik diri,  keluarga, pekerjaan atau pun amanah di masyarakat yg mmg harus kita pertanggungjawaban dihadapan Allah kelak.  bukan karena penyakit hati yg dibisikkan oleh syaitan untuk menggerogoti ukhuwah kita. Semogaaa ukhuwah kita di dunia nyata lebih indah adanya daripada sekedar WA.

Anyway.. balik lg soal reuni😊🙏.
jazakumullah khair. Terima kasih banyak untuk teman2 yg berkenan dan menyempatkan hadir di Cibalung kmarin (khususan @augeswina yg rela dtg by plane jauh2 dr sanaaaa)

Terima kasih juga untuk yg tdk bisa hadir karena kesibukan kantor, pekerjaan  dan atau urusan keluarga tapi masih mensupport panitia dan teman2 dengan doa2 indah dan dananya... 100% kami memakluminya. Baarakallahu fiikum jaminan. Itulah ukhuwah yg diajarkan oleh asatidz kita👍👍👍

Hasil dari reuni kedua kita salah satunya adalah Taawun. Kita eh kami semua sudah sepakat membentuk semacam bank 9197 yg diperuntukkan bagi anak2 yatim kita, dan siapapun teman  yg membutuhkannya. Dulu dipatok iuran perbulannya  minimal 20.000, dipersilahkan untuk menambahnya bila berkenan dan mmg ada kelapangan rizki..

InsyaAllah hingga hari ini masih berjalan ta'awun nya. Jadi monggo bila ada yg ingin berpartisipasi. InsyaAllah untuk kebaikan kita bersama...

Itu sekilas cerita tentang awal terbentuknya Group WA ini.

Banyak sudah yang keluar dari Group ini, atau ada di group tapi memilih diam dan menjadi SR sejati. Kita menghormati semua itu karena 1001 alasan yg mmg harus kita maklumi bersama...tapi semoga tetap berkenan menjalin ukhuwah. -------Di Ngruki kita ditempa..di Surga kita kan bersua------' semogaa. Aamiin YRA

Salam sukses untuk panitia reuni berikutnya ...2018💪🏻💪🏻💪🏻💪🏻

Salam sayang dari jakarta

Mukmin Jusuf
Syam al Aminy
Ma'rifat putra
Taufiq Humaini
Taufiq Prayito
Irfan P
Farid Anshori
Taufiqurrahman
Yoppi W
Lilik Fauziyah Ahmad
Shofiia Dhiyah K
RichmI Parminto
Wirma SarI
Widya Asman
Lany Purwaningrum R
Sofia marwaty
Rini Rohaniah
Ika Rahmawati
Naning Zuliarti
(Ada yg blm dituliskan???😥🙏)

**Catatan sekilas...sekelebat ingatan saya yang sedang menganggur😊
Semoga bisa diambil hikmahnya

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum