Naning

Peta Australia #buku

Peta Australia

@@@ negara bagian Australia
Gambar peta menyusul yaaa..

1. Australian Capital Tertitory

Inilah state yang kami tinggali selama 2 tahun lebih di Australia. ACT (Australian Capital Territory) dengan Canberra sebagai ibukotanya adalah ibukota Australia. Jauh hari sebelum saya datang ke benua Australia ini, saya belum pernah mendengar  nama kota Canberra yang terletak di ACT ini. Saya (dibantu teman-teman) mulai googling tentang Canberra setelah suami gagal diterima kuliah di Melbourne, kota impiannya selama ini. Saya baru tahu bahwa Canberra sempat di daulat sebagai kota ternyaman di dunia versi sebuah lembaga survey international tahun 2015 itu.  Selama ini yang familiar di telinga saya adalah Sydney dan Mebourne. Jadi saya fikir salah satu dari dua kota itu yang menjadi ibu kota Australia. Ternyata saya keliru total. Ibu kota Australia ternyata berada di sebuah State kecil (mungkin terkecil dibanding State lainnya). Penampakan kotanya pun jauh dari kesan ibu kota yang ramai dan glamor seperti ibu kota negara-negara lain di dunia yang ramai dengan aktivitas 24 jamnya. Jujur, ibu kota Australia ini sangat luar biasa berbeda.

Akhir juli 2015 saat kami keluar dari Canberra Airport, menaiki mobil seorang kawan yang menjemput kami, jujur sangat tertegun dengan kondisi  alam Yang kami laluI. Sepanjang jalan yang kami lihat hanya padang rumput luas yang kadang dipenuhi d3ngan sapi2 gemuk berwarna hitam legam, atau domba2 yang sedang menikmati  rerumputan yang sangat luas. Tak banyak gedung tinggi yang kami tangkap darindu pandangan mata kami. Kami berfikir , mungkin kawan kami ini memilihksn jalan spesial yg tidak macet, jadi kami sama sekali tidak melewati gedung-gedung tinggi seperti yang biasa kita temui di ibu kota negara kami. Mungkiiiin.  TapI sepertinya dugaan kami keliru. Karena memang sepertinya ini adalah sebuah desa yg maju😊. Kawan yang menjemput kami menunjukkan kepada Zahid Fatih yang memang agak melongo melihat sapi2 aneh, bahwa bangunan tinggi (yang dikemudian hari kami ketahui ternyata adalah Telestra Tower) di sebelah kiri jalan yg kami lalui itu adalah bangunan tertinggi di ACT. Memang tinggi sih karena seperti di puncak gunung. Tapi jujur kami masih heran, masa iya itu saja bangunan tingginya, tidak ada gedung menjulang tinggi ? Masak iya ibu kota negara maju lebih "ndeso" dari ibukkota negara kami???😂

Kondisi inilah yang menyebabkan murid playgroup saya yang mau melanjutkan study di Aussie lebih memilih Brisbane dan Melbourne. Mereka bilang Canberra terlalu sepI, tidak cocok untuk kawula muda, lebih cocok untuk anak-anak, orang tua dan pensiunan😊.. ooooh Abang kakak, brlum tahu ya dikau betapa "surganya" canberra itu

*sabar kawan..itulah 1001 keistimewaan canberra Act ini..klo ada waktu dan kekuatan menulis, akan kutuliskan semuanya untuk kalian😊😘👌

2. New South Wales

Mungkin teman-teman Lebih familiar dengan state ini. Ibu kotanya adalah Sydney yang sangat terkenal dengan gedung berbentuk siputnya, SOH Sydney Opera House yang menjadi icon negara Australia (saya ingat saat saya kecil, ketika melihat prakiraan cuaca di TVRI, yang menjadi icon Aussie adalsh gedung opera house ini).

Se0endek pengetahuan saya, Sydney termasuk kota tersibuk dan terpadat di Australia. Pasalnya Sydney Airport memang jadi pusat penerbangan paling ramai dan paling sibuk dibanding bandara-bandara di kota dan State lain.

**(data menyusul yaaa, tunggu referensi yg pas)

NSW ini kebetulan adalah State yang Paling dekat dengan state yang kami tinggali. Yaaa..hanya sekitar 30km jarak yang kami tempuh dari tempat tinggal kami di Canberra. Itu berarti dengan driving sekitar 3 jam, kami sudah sampai di Kota Sydnry ini. Karena memang cukup dekat, memang State inilah yang paling sering kami kunjungi. Baik silaturrahmi dengan teman, belanja atau mengunjungi tempat-tempat indah yang kebetulan ada di State ini.

***tempat2 indah apa saja yang bisa teman2 kunjungi di NSW??? Tunggu tulisan berikutnya yaaa😘👌

Sebagai gambaran saja,  Melihat kota Sydney ini keramaiannya seperti melihat kota Jakarta yang padat dan sangat sibuk setiap waktunya . Meskipun tetap jauh berbeda secara kebersihan dan keteraturannya. Bayangan kepadatannya adalah di setiap perumahan yang kebetulan saya lewati, kanan kiri jalannya penuH dengan parkiran mobil. Hal seperti ini sangat jauh berbeda dengan kondisi lingkungan kami di Canberra ACT. Maka dari itulah, biasanya Australian yang kurang suka dengan keramaian pasti akan memilih tinggal di Canberra dibanding di Sydney😊.

3. Victoria

State yang beribu kota Melbourne ini termasuk salah satu State teramai di Australia. Terkenal juga dengan state pelajar karena banyaknya campus yang berada di kota ini. Dua campus besar yang sangat terkenal yaitu Melbourne Uni dan Monash.

Saya menginjakkan kaki pertama kali di Melbourne sekitar bulan sept 2016. Saat itu kami mewakili beberapa organisasi islam di Canberra,  mengikuti muktamar umat islam Australia yang diadakan pertama kalinya di Melbourne. Perjalanan Canberra -Melbourne kami tempuh sekitar 8 jam.

Jujur kami akui kota Melbourne memang sangat cantik. Saat itu kami sampai di Melbourne sekitar 23.00 . Sepanjang jalan masih penuh dengan keramaian dan kelap klip lampu kota. Betul yang kami dengar sebelumnya bahwa kota ini memang hidup selsma 24 jam. Jangan pernah membayangkan kota Canberra sama atau mirip seperti itu. Kota canberra saat maghrib itu sudah sangat sunyi senyap. Apalagi pukul 23.00, bisa dibayangkan ya pasti tingkat kesunyiannya😊

*** banyak sekali tempat2 indah yang bisa kita kunjungi di Victoria ini. Diantaranya GOR Yang sangat fenomenal. Kami kemarindu karena memang hanya 3 hari, jadi hanya mengunjungi beberapa titik disekitar kota. Yang saya ingat adalah Islamic musium, state library yg luar biasa megah, pantai .... dan ....
Semogaaa suatu saat bisa mengunjungi dan mentadabburi tempat2 indah lainnya. Bantu doa ya kawans😘👌

4. Queensland

State ini beribu kota di Brisbane ( BNE). Kami mengunjungi kota ini akhir tahun 2016 persis tanggal 30 DesembeR. Jadi liburan akhir tahun itu kami habiskan selama 4 hari di Sydney dan 5 hari di Brisbane Queensland. 3 hari di Sydney kami gunakan untuk ikut meramaikan event 26 Desember (***ini event khusu s di Aussie, dimana semua pusat perbelanjaan dipenuhi pengunjung😊. Catatan tentang ini menyusul yaaa)
Kami ikut berkeliling di Victoria Building yg penuh sesak dengan orang2 yang gila belanja. Kami juga mencari barang, tapi tidak dapat sesuai harapan😂.

Hari kedua kami habiskan untuk berkeliling di UNSYD. Campus keren ini klo teman2 lihat di foto nampak persis seperti gedung tempat dibikinnya film Harry potter. Gedung tua nan cantik. Kami janjian bertemu dengan seorang kawan student dari aceh. Kemudian kami berkeliling cari rumah makan padang. Dilanjutkan dengan keliling pantai. Dll 1001 cerita perjalanan di Sydney.

Ok. Back to Brisbane Queensland. Kebetulan dari Sydney -Brisbane  kali ini kami memilih perjalanan darat. Kami memilih naik kereta yang memakan waktu +- 14 jam. Berangkat dari stasiun central sydney pukul 4 sore dan sampai di Brisbane Queensland pukul 6 pagi hari berikutnya. Perjalanan yang sangat menyenangkan, pengalaman untuk anak2 terutama.
Dari stasiun kota Brisbane kami naik bus menuju rumah milik student indonesia yang sedang field work ke indo. Yang sudah kami sewa dan pesan sebulan sebelumnya. Jalanan di Brisbane yang dilalui oleh bus kami persis seperti beberapa jaman di sydney yang naik turun dan agak miring. Tapi..tetap cantiks ala kulli hal

Yang kami rasa sangat khas dari kota Brisbane ini adalah city cat nya. Jadi , transportasi massal yang beroperasi di Brisbane adalah city cat. Semacam ferry dengan berbagai jenisnya yang beroperasi dari segala penjuru kota ke pusat keramaian di pusat kota. Kita tinggal memilih, lebih nyaman bus atau city cat ini. Klo kami sekeluarga jujur lebih memilih citycat. Jadi terhitung sejak kami datang di akhir bulan desember sampsi hari kelima kami di Brisbane bisa dipastikan tiap hari menaiki city cat 😊. Kami keliling menggunakan mobil hanya saat pergi ke lone pine koala yang memang jaraknya cukup jauh dari tempat kami tinggal.

Tempat yang paling berkesan untuk kami di Brisbane adalah south bank.

Brisbane ini adalah kota yang sangat cantik. Menurut saya yaaa setipe dengan Melbourne dan sydney.

***lanjutan tulisannya 10 paragraf lagi. Nantiiii yaaaa

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum