Naning

Management Sampah di ACT

Tentang sampah di ACT

28072015 .. tanggal bulan dan tahun inilah pertama kalinya saya dan dua putra saya menginjakkan kaki di Canberra Australian Capital Territory. Juli...yaa Juli. Sepekan setelah lebaran di Indonesia. Ternyata bulan ini adalah bulan yang kurang menyenangkan untuk kami, karena Juni-Agustus adalah Winter season.brrrrr...

Satu, dua dan tiga hari, kami betul betul hanya berdiam di dalam rumah. Lebih teparnya di dalam kamar yang ber electric blanket,  berheater dan berselimut tebal. Kami bertiga belum berani keluar rumah..beraninya hanya mengintip keluar melalui jendela kamar yg tiap pagi berembun dan nyaris bersalju...betul2 tersiksa dan pingin balik ke indo..

Naaah hari ketiga ini kami dikagetkan dengan pesona sebuah truk putih. Betul..rabu pagi itu ada yang menarik pwrhatian saya dan anak2. Karena penasaran, Sayapun  tanya suami
Saat saya tanya suami, ternyata itu truk sampah...waaah, hiburan dan kekaguman pertama saya😊👍.
Kenapa saya begitu excited melihat truk sampah ini? Jawabannya pasti bisa ditebak.. karena beeertahun2 saya tinggal di Jakarta, truk sampah yang saya lihat bukan warna putih dan cantik seperti ini, tapi orange dan sepertinya sudah tidak begitu layak jalan karena seoanjang jalan yang dilalui dari jakarta ke Bantar Gebang, kebetulan melalui tol jagorawi dan pastinya melalui jalan raya cibubur yg selalu saya lewati menimbulkan bau yang saaaangat tidak sedap karena tetesan sampah2 itu di sepanjang jalannya😥😥😥. Pasti juga tidak sehat kan kalau kita hirup yiap hari, selain menimbulkan jalan yang licin pastinya😭.

Sementara truk sampah di ACT ini kalau boleh saya gambarkan itu persis seperti truk pertaminanya kita, bahkan more clean than that. Sudahlah begitu, petugas di sini more enjoy,  mereka tidak naik turun untuk ambil sampah.  Lalu??? Yaaa semua warga di masing2 subburb sudah faham kapan jadwal pengambilan sampah di areanya (Seperti kami saat tinggal di Hannaford tiap hari rabu, sedang kan saat pndah ke Howie Court jadwal berganti hari kamis). Jadi saat jadwal pengambilan sampah pagi2 betul (kadang sore hari sebelimnya) mereka sudah meletakkan di halaman rumah mereka, persis di pinggir jalan. Jadi saat truk lewat akan terangkut otomatis pakai belalainya. Kalau sampai lupa yaaa derita elo..nunggu pekan berikutnya.😊✌

Lebih bagusnya lagi, tempat sampah masing2 rumah di sini di siapkan oleh government. Baik yang tutupnya kuning (recycle) , hijau (sampah biasa), atsupun yang  merah (kimia)👍

Untuk yang bertutup hijau atau sampah rumah tangga biasa di Subburb kami,Belconnen diambil setiap kamis. Tapi untuk yang recycle diambil dua pekan sekali. Tapi bila penuh dan urgent, boleh kok minta izin numpang di tetangga, bila bin nya masih kosong. Tapi tetap harus izin lho yaaaa, dan titipnya hari H pengambilan, bukan berhari2 sebelumnya. Perhatikan lho yaa😊👌

O iya, kebetulan kami tinggal di perumahan biasa. Bila di flat atau apartement, tempat sampahnya bersama. Maksudnya tempat sampah besar, untuk penghuni s3mua penghuni yg di Flat. tapi memang diambilnya juga lebih sering, tidak sepekan sekali seperti di rumah2 seperti yang kami tempati....thats All👍

Bersambunggggg

0 komentar:

Post a Comment

Blogger Templates by Blog Forum